Analisis Pengaruh Daya Tarik Lokasi, Citra Hotel, dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan untuk Menginap pada Hotel Merpati di Pontianak

Authors

  • Yoel Oktavianus Javalinggo Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Hotel Merpati di Pontianak adalah salah satu hotel yang masih beroperasi terletak di Jalan Imam Bonjol yang padat pemukiman dan ramai akan pengunjung serta lokasi yang strategis, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menginap di hotel tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh daya tarik lokasi, citra hotel, dan kinerja layanan terhadap keputusan untuk menginap pada hotel tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metodepenelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel dari populasi 100 orang responden. Data diolah menggunakan program statistical package for the social sciences22(SPSS 22).Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kuantitatif yaitu dengan Skala Likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinan (R2), uji regresi berganda, serta uji f dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa daya tarik lokasi, citra hotel, dan kinerja layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk menginap. Penulis menyarankan agar pihak hotel lebih meningkatkan daya tarik lokasi, citra hotel dan kinerja layanan guna meningkatkan keputusan untuk menginap pada hotel tersebut.

References

Abubakar, Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Adam, Muhhamad. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Hurriyati, Ratih.2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen: Fokus Pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Bandung: Alfabeta cv.

Priansa, Junni, Donni. 2017. Perilaku Konsumen: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles