Analisis Harga Kompetitif, Kreativitas Strategi Pemasaran dan Nilai Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di kota Pontianak

Authors

  • Brigita Stepania Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Pada era modern saat ini, kegiatan pemasaran produk memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk dan sesuatu yang menarik. Persaingan dunia bisnis khususnya pada sektor kerajinan tangan semakin ketat ditandai dengan peningkatan jumlah UMKM kerajinan tangan di setiap tahunnya, usaha usaha kecil tersebut berlomba lomba dalam merebut pangsa pasar agar memperoleh konsumen dan juga mempertahankan konsumen mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antara variabel dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik UMKM bidang kerajinan tangan di kota Pontianak yang berjumlah 130 pelaku usaha berdasarkan data jumlah UMKM di Pontianak dari tahun 2016 hingga 2018. Sampel ditarik sebanyak 100 sebagai bahan untuk penelitian. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pengujian statistika uji F menunjukkan bahwa model regresi linear adalah layak dan dapat digunakan dalam penelitian. Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan bahwa harga kompetitif, kreativitas strategi pemasaran dan nilai pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM kerajinan tangan di kota Pontianak. Maka, kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh harga kompetitif, kreativitas strategi pemasaran dan nilai pelanggan oleh UMKM kerajinan tangan di kota Pontianak dapat memberikan kontribusi dalam kinerja pemasaran mereka. Saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada para pelaku usaha UMKM kerajinan tangan di kota Pontianak adalah dengan memperluas wilayah pemasaran, lebih banyak melakukan promosi melalui sosial media, bekerja sama dengan mitra kerja yang sesuai dengan bidang nya sehingga dapat memaksimalkan hasil yang ingin diperoleh.

References

Bakti, Sukama,. Dan Harniza Harun. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air” Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol3, No. 1, 2011.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Jasmani. “Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasusu PT Berkah Motor Wonosari)” Jurnal Mandiri Vol 2, No.2, 2018.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Sukarno, Gendut. “Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Peran Lingkungan, Inovasi Produk Dan Kreativitas Strategi Pemasaran” Jurnal EkuitasVol15, No.3, 2011.

Utaminigsih, Adijati. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemsaran pada UMKM kerajinan rotan di desa teluk wetan, welahan, jepara” jurnal media ekonomi dan menejemen vol. 31, No.2, 2016.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles