Analisis Pengaruh Employee Engagement dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Borneo di Pontianak

Authors

  • Vanessa Florencia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara employee engagement dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Metode penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh sehingga sampel dalam peneitian ini adalah sebanyak lima puluh delapan karyawan pada Hotel Borneo di Pontianak. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu program IBM SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) Statistic versi 22. Hasil penelitian menjelaskan bahwa employee engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan serta employee engagement dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

Hughes, J. C. dan Evelina Rog. 2008. “Talent management: A strategy for improving employee recruitment, retention and engagement within hospitality organizations”. International Journal of Contemporary Hospitality Management, Volume 20, Issue 7, pp. 743-757.

Macey, William H. dan Benjamin Schneider. 2008. “The Meaning of Employee Engagement.” Industrial and Organizational Psychology, Volume 1, Issue 1, pp. 3-30.

Noor, Juliansyah. 2013. Penelitian Ilmu Manajemen: Tinjauan Filosofis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Robbins, Stephen P. 2012. Perilaku Organisasi, Edisi 10. Klaten: PT Indah Sejati.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles