Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa dan Kualitas Produk Spare Parts Toyota terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Aneka Dunia Parts di Pontianak

Authors

  • Hendry Winarto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan jasa, kualitas produk spareparts Toyota terhadap minat beli konsumen pada PT Aneka Dunia Parts di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian pengumpulan data yang berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pembeli yang datang untuk membeli spareparts ataupun membeli aksesoris mobil Toyota. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan jasa, dan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap minat beli. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan jasa dan kualitas produk spareparts Toyota akan dapat meningkatkan minat beli pada setiap pembeli yang datang untuk mencari ataupun membeli spareparts atau aksesoris mobil.

References

Chang, William. 2014. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jakarta: Erlangga.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles