Pengaruh Merchandise, Kinerja Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Berbelanja pada Supermarket Kaisar di Pontianak

Authors

  • Lidyawati Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Dengan perkembangan bisnis yang semakin pesat maka pengusaha harus lebih berkarya lagi dalam usahanya dengan cara memperbaiki merchandise agar lebih menarik, kinerja layanan kepada pelanggan agar loyal dan lokasi bisnis juga harus memadai agar pelanggan dapat dengan mudah datang berkunjung. Apabila merchandise yang menarik, kinerja layanan yang baik dan lokasi yang strategis maka akan menjadi keunggulan bagi perusahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausal. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini mencakup pelanggan pada Supermarket Kaisar di Pontianak sebanyak 11.342 orang. Sedangkan sampel ditetapkan sebanyak 100 orang, melalui perhitungan dengan rumus slovin. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa merchandise, kinerja layanan dan lokasi mempunyai pengaruh terhadap keputusan berbelanja. Saran-saran yang diberikan penulis adalah perusahaan harus lebih memperhatikan kinerja layanannya, karyawan dengan kinerja yang baik akan membuat pelanggan merasa puas dan loyal.

Downloads

Published

2023-06-28

Issue

Section

Articles