Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Harga Kompetitif dan Customer Relationship Marketing terhadap Keputusan Menginap Kembali pada Hotel Kini di Pontianak

Authors

  • Stephanie Tanjaya Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja layanan, harga kompetitif dan customer relationship marketing terhadap minat menginap kembali pada Hotel Kini di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah menginap minimal dua kali pada Hotel Kini di Pontianak. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak seratus lima puluh responden yang didapat menggunakan perhitungan rumus Ferdinand dan teknik penentuan sampel yaitu purposive sampling. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada Hotel Kini di Pontianak dapat disimpulkan bahwa kinerja layanan, harga kompetitif dan customer relationship marketing berpengaruh secara signifikan terhadap minat menginap kembali. Saran yang dapat penulis berikan yaitu dengan meningkatkan kinerja layanan dengan menerima saran dan kritik dari pelanggan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki pelayanan yang diberikan dan meningkatkan lagi kualitas kamar sehingga konsumen merasa apa yang sudah dibayarkan sesuai dengan yang diharapkan konsumen serta meningkatkan strategi customer relationship marketing secara berkala khususnya staff hotel harus selalu memperhatikan dan selalu menyapa semua tamu ketika berpapasan serta memberikan hal-hal kecil pasca konsumen menginap di hotel seperti ucapan ulang tahun.

Published

2023-07-16

Issue

Section

Articles