Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Financial Leverage terhadap Corporate Social Responsibility Expenditure pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Eyvian Eyvian Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan financial leverage terhadap corporate social responsibility. Populasi sebanyak 42 Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI dan sampel sebanyak 32 perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan dengan data sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan metode studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis melalui uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan financial leverage berpengaruh negatif terhadap corporate social responsibility expenditure.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles