Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Minat Menyimpan pada CU Semarong Kantor Pusat di Sosok Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau

Authors

  • Agustina Agustina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra lembaga, dan kepercayaan pelanggan terhadap minat menyimpan pada CU Semarong Kantor Pusat di Sosok. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan Skala Likert dan menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan program spss versi 22. Dari hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan, citra lembaga, dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menyimpan. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan adalah agar meningkatkan kualitas pelayanan karyawan untuk menghadapi anggota dengan benar, meningkatkan dan mempertahankan citra lembaga, serta lebih menjaga hubungan yang baik dengan anggota.

References

Hart, Norman A dan John Stapleton. 2015. Kamus Marketing (judul asli: Glossary of Marketing Terms). Penerjemah Anthony Than dan Agustinus Subekti. Jakarta: Bumi Aksara.

Jasfar, Farida. 2014. Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kasali, Rhenald. 2017. Manajemen Public Relations & Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Grafiti.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Wijaya, Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, dan Kano. Jakarta: PT Indeks.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles