Pengaruh Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Total Asset Turnover terhadap Return on Asset pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Lavia Kurniawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh current ratio, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan total asset turnover terhadap return on asset. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 perusahaan dan terdapat sebanyak 25 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan studi dokumenter dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Tahapan analisis data mencakup analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji statistik F dan uji statistik t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa current ratio tidak berpengaruh terhadap return on asset, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap return on asset, sedangkan pertumbuhan perusahaan dan total asset turnover berpengaruh positif terhadap return on asset.

References

Aulia, Mutiara, Harsi Romli, dan Luis Marnisah. 2020. “Pengaruh Current Ratio, Debt Equity Ratio dan Debt to Asset Ratio terhadap Return on Asset pada Koperasi di Kota Palembang.” Jurnal Profesional (IJMPro), vol.1, no.1.

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Halim, K.I. (2022). Audit Committee, Accounting Conservatism, Leverage, Earnings Growth, dan Earnings Quality. E-Jurnal Akuntansi, 32(6), 1403-1412.

Hartono. (2022). COVID19 Vaccine: Enhancement of Stock Buying in Indonesia. Journal of Business and Management Studies, 4(1), 49-56.

Jaya, S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size) dan Profitabilitas (ROA) terhadap Nilai Perusahaan (Firm Value) pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 38-44.

Melynda, Mira Dewi, M.Rasuli, dan Amdewi Rokmawati. 2016. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Stuktur Modal terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Asuransi di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, vol.X, no.3.

Supardi, Herman, H. Suratno, dan Suyanto. 2016. “Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio Total Asset Turnover dan Inflasi terhadap Return on Asset.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi, vol.2, no.2.

Wibisana, Isa Agid, Roni Malavia Mardani, dan Budi Wahono. 2018. “Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Umur Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017.” Jurnal Manajemen, vol.7, no.5.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles