Pengaruh Brand Trust, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada PT Pasifik Jaya Motor di Pontianak

Authors

  • Budi Sucipto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand trust, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di PT Pasifik Jaya Motor Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian sepeda motor Yamaha di PT Pasifik Jaya Motor di Pontianak dan jumlah sampel 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS statistic versi 22. Berdasarkan pengujian menggunakan alat uji koefisien determinasi dan uji regresi dapat disimpulkan bahwa variabel brand trust, promosi dan kualitas pelayanan secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT Pasifik Jaya Motor Pontianak.

References

Abdullah, Thamrin, dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Jakarta: Rajawali, 2018.

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA, CV, 2016.

Arief. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan: Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan agar Memuaskan Pelanggan. Edisi 1. Malang: Bayumedia Publishing, 2018.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi kompetitif hingga e-marketing. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI, 2017.

Weenas, Jackson R.S. “ Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.” Jurnal EMBA Vol. 1 No. 4 (Desember 2013): Hal. 607-618.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles