Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen pada Minimarket Palmart di Pontianak

Penulis

  • Restituta Santi Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Suasana toko yang nyaman dan kualitas pelayanan yang baik merupakan faktor yang membuat konsumen akan lebih betah untuk berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada MM Palmart di Pontianak. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Pengumpulan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji determinasi, uji F dan t. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah store atmosphere mempunyai pengaruh terhadap minat beli sedangkan kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli. Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya Minimarket Palmart di Pontianak lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan mempertahankan atau lebih meningkatkan strategi pada desain eksterior seperti papan nama Minimarket yang sudah mulai pudar, warna bangunan yang sudah kurang menarik dan perencanaan dekorasi ruangan Minimarket seperti memperhatikan rak-rak pajangan barang.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles