PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERAMIK PADA PD MODERN DECOR DI PONTIANAK

Authors

  • Irwan Irwan

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan brand image Keramik merek Roman, mengetahui minat customer yang telah mengunjungi showroom dan begaimana pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian Keramik Merek Roman. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian customer PD Modern Decor di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan kuesioner, dan alat analisis kualitatif, wawancara, dan studi dokumenter. Untuk teknik analisis data menggunakan alat analisis kuantitatif dan kualitatif berupa tingkat kepuasan, analisis Skala Likert dan analisis regresi linear berganda yang menggunakan bantuan SPSS 17. Berdasarkan hasil regresi linear berganda yang telah dilakukan dipenelitian ini, maka didapat persamaan regresinya adalah Y=0,749 + 0,397X1 – 0,023X2 + 0,019X3 + 0,172X4 . Hasil pengujian secara simultan diperoleh nilai Fhitung yaitu sebesar 11,022 dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000. Pengujian secara parsial diperoleh bahwa variabel atribut berwujud (X1) dan variabel harga relatif (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan variabel atribut tak berwujud (X2) dan variabel manfaat bagi pelanggan (X3) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis kepada pihak perusahaan adalah tetap mempertahankan image  Keramik Roman yang sudah melekat didalam benak konsumen dengan lebih meningkatkan kualitas produk dan melakukan inovasi produk  agar lebih bermanfaat.

Downloads

Published

2017-02-24

Issue

Section

Articles