Pengaruh Citra Toko dan Kinerja Layanan terhadap Minat Menggunakan Kembali Jasa Service Center Yamaha pada PT Multi Motor di Pontianak

Authors

  • Monica Valeri Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah ada pengaruh positif dari citra toko dan kinerja layanan terhadap minat menggunakan kembali jasa Service Center Yamaha pada PT Multi Motor di Pontianak. Agar konsumen berminat menggunakan kembali jasa perusahaan dan tidak beralih ke pesaing maka dilakukan analisis citra toko, meliputi kualitas servis, variasi servis, harga kompetitif, suasana toko dan kenyamanan/kemudahan, dan kinerja layanan yang meliputi kinerja fasilitas, kinerja karyawan, daya tanggap, empati dan keandalan terhadap minat menggunakan kembali yang terdiri dari minat transaksional, minat preferensial dan minat referensial. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Populasi penelitian adalah semua pelanggan yang melakukan servis sepeda motor di perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pelanggan telah menggunakan jasa servis motor minimal dua kali dan bertempat tinggal di Kota Pontianak. Teknik analisa data yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa citra toko dan kinerja layanan memiliki pengaruh positif terhadap minat menggunakan kembali jasa Service Center Yamaha pada PT Multi Motor di Pontianak.

Published

2023-07-16

Issue

Section

Articles