Pengaruh Brand Trust, Kebijakan Premi, dan Kualitas Pelayanan Klaim terhadap Minat Membeli Jasa Asuransi Jiwa Prudential pada PT Dynamic Success Globalindo Cabang Pontianak

Authors

  • Wendy Wendy Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Brand Trust, Kebijakan Premi, dan Kualitas Pelayanan Klaim Terhadap Minat Membeli Jasa Asuransi Jiwa Prudential pada PT Dynamic Success Globalindo Cabang Pontianak. Pembatasan masalah pada penelitian ini meliputi brand reliability, brand intentions, keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, kesesuaian harga dengan manfaat, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles, minat transaksional, minat refrensial, minat preferensial, dan minat eksproratif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 951 responden, dan sampel sebanyak 90 responden dengan penentuan berdasarkan metode purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa secara kualitatif dan kemudian data-data tersebut diolah dengan software Statistical Package For The Social Sciences versi 22 yang berupa uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji determinasi, dan uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah variabel independen yang terdiri dari brand trust, kebijakan premi, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu minat beli. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli produk asuransi jiwa pada PT Dynamic Success Globalindo Cabang Pontianak adalah variabel kualitas pelayanan, pada urutan kedua yaitu variabel brand trust, dan yang terakhir adalah variabel kebijakan premi. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah perusahaan harus menjaga kepercayaan konsumen, memberikan harga premi yang tejangkau, dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.

Published

2023-07-16

Issue

Section

Articles