Pengaruh Kualitas Produk Harga Kompetitif dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Pacific pada PD Terang Dunia Bike di Pontianak

Authors

  • Ferawati Ferawati Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga kompetitif dan brand trust terhadap keputusan pembelian sepeda merek Pacific pada PD Terang Dunia Bike. Karena perusahaan mengalami penurunan laju pertumbuhan penjualan dimana rata-rata setiap tahunnya mengalami penurunan sebesar 10 persen. Dapat dilihat juga setiap tahunnya jumlah penjualan unit sepeda ukuran kecil lebih tinggi dibandingkan penjualan unit sepeda ukuran besar. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli sepeda merek Pacific pada PD Terang Dunia Bike. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden, dimana teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi data, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan koefisien korelasi, uji koefisien determinasi (R2), analisis regresi berganda, uji f dan uji t. Adapun hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk, harga kompetitif dan brand trust terhadap keputusan pembelian sepeda merek Pacific. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda merek Pacific adalah dari segi kualitas sepedanya, harga yang kompetitif dan kepercayaan merek responden terhadap merek Pacific. Adapun saran-saran yang diberikan penulis adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menyediakan sepeda yang berkualitas baik, harga yang ditawarkan sesuai kualitas dan lebih kompetitif dibanding pesaingnya dan membentuk kepercayaan merek (brand trust) konsumen dengan promosi yang dapat berupa mensponsori suatu kegiatan.

Published

2023-07-16

Issue

Section

Articles