Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sumber Alam di Pontianak

Authors

  • Wendy Alexandra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan pada PT Sumber Alam Pontianak. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan nilai koefisien determinasi (adjusted R2) dari kedua variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel dependen sebesar 94,1 persen sedangkan sisanya sebesar 5,9 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan sedangkan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Sukidi, Kecerdasan Spiritual. Mengapa SQ Lebih Penting Daripada IQ & EQ, Jakarta2002.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Wibowo, Manajemen Kinerja, Edisi Kedua, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Wirawan, Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.

Yuninigsih.Membangun Komitmen dan Menciptakan Kinerja Sumber Daya Manusia Untuk Memperoleh Keberhasilan Perusahaan. Fokus Ekonomi Vol.1 No.1 Apri2002.

Zohar, Danah, and Ian Marshall. SQ (Spiritual Intellingence): The Ultimat Intellingence. London: Bloomsburry, 2000.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles