Analisis Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat

Penulis

  • Dina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DISKOP UKM) Provinsi Kalimantan Barat. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan teknik analisis data yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuesioner. Populasi dari penlitian ini sebanyak 53 orang pegawai pada DISKOP UKM Provinsi Kalimantan Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 responden pada DISKOP UKM Provinsi Kalimantan Barat. Kuesioner disebarkan dengan menggunakan metode sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis. Model pengujian yang digunakan menggunakan program software spss 22. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Sedangkan motivasi kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pegawai pada DISKOP UKM Provinsi Kalimantan Barat.

Referensi

Hardjono. Analisis Pengaruh Motivasi, Iklim Organisasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Strudi Empiris Pada Kecamatan Mijen Kota Semarang). Semarang: Universitas Dian Nuswantoro, 2013.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Moeheriono. Pengukuran kinerja berbasis kompetensi edisi revisis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2012.

Rahmadewi. Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Stasiun Meteorology Kelas II Supadio Pontianak). Pontianak: Universitas Tanjungpura, 2013.

Riani, Asri Laksmi. Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarata: Graha Ilmu, 2013.

Robbins, P. Stephen. Prinsip-prinsip perilaku organisasi, Edisi kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2002.

Diterbitkan

2021-03-31

Terbitan

Bagian

Articles