Analisis Pengearuh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan PT Sumber Djantin di Pontianak

Authors

  • Juliana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Permasalahan dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara budaya organisasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan PT Sumber Djantin di Pontinak. Dalam metode penelitian ini penulis menggunakan metode asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan bantuan skala likert sebanyak lima tingkatan dan masing masing tingkatan diberi skor. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 responden. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Pembahasan meliputi uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinan. Pengujian model yang diteli menggunakan software SPSS 22. Kesimpulan dari hasil pengujian penelitian adalah budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Komitmen organisasional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Adiftiya, Jajang. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Site Kedeco Jaya Agung Batu Kajang Kabupaten Paser. ejurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2014: 833-845.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen otivasi,15(2), 55-61

Lubis, Yusniar, Bambang Hermanto dan Emerson Edison. Manajemen daRiset:Manajemen sumber daya manusia. 2018. Bandung: Alfabet.

Sule, Ernie Tisnawati, dan Kurniawan Saefullah. Pengantar Manajemen, edisi pertama. 2005. Jakarta: Kencana.

Suparyadi, H. Manajemen Sumber Daya Manusia: Menciptakan Keunggulan Berbasis Kompetensi SDM. 2015. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles