Analisis Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat Kota Pontianak

Penulis

  • Ascriet Chintia Sari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat Kota Pontianak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah 53 orang dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 43 orang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuesioner dan studi dokumenter. Kuesioner yang disebarkan menggunakan metode sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat Kota Pontianak.

Referensi

Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Grafindo Persada, 2012.

Sedarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju, 2011.

Sofyandi. “Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama.” Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008

Sunyoto. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” Jakarta: PT Buku Seru. 2012.

Surwanto, Joko. “ Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Kantor Departeman Agama Kabupaten Karanganyar” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Diterbitkan

2021-03-31

Terbitan

Bagian

Articles