KEBIJAKAN BAURAN PEMASARAN PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TP KANTOR PUSAT TAPANG SAMBAS KABUPATEN SEKADAU

Authors

  • Masni Theresia

Abstract

Credit Union mempunyai peranan yang sangat strategis dalam membantu masyarakat dalam menghadapi krisis pada saat ini, karena Credit Union berfungsi sebagai lembaga penghimpun dana dan penyalur dana masyarakat. Credit Union sebagai lembaga perantara juga dituntut untuk senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat, karena masyarakat ingin memperoleh keyakinan bahwa dana yang disimpan di Credit Union dapat dikelola dengan baik dan aman.Tinggi rendahnya jumlah anggota dan nilai nominal tabungan akan mempengaruhi pendapatan suatu Credit Union, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik anggota dan tanggapan dari anggota mengenai kebijakan bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh Credit Union Keling Kumang TP Kantor Pusat Tapang Sambas Sekadau.analisis yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk mendapatkan penilaian dari anggota mengenai kebijakan bauran pemasaran yang diterapkan oleh Credit Union Keling Kumang TP Kantor Pusat Tapang Sambas Sekadau. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode purposive sampling, penulis menetapkan jumlah sampel sebanyak 100 orang dari jumlah populasi penabung pada Credit Union Keling Kumang TP Kantor Pusat yang berjumlah 5.642 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar responden menyatakan bahwa promosi pada Credit Union Keling Kumang lebih kencar lagi, membutuhkan kualitas layanan dan fasilitas lebih baik,  kecepatan dalam melayani anggota dan ketanggapan staf dalam menanggapai keluhan dan kesalahan dari staf. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Credit Union Keling Kumang TP Kantor Pusat Tapang Sambas Sekadau menawarkan produk tabungan yang dilindungi asuransi, manfaat dari produk, kemampuan Staf dalam melaksanakan pelayanan yang cepat, tepat, tanggap dan terpercaya serta perhatian dalam proses saat melakukan berbagai transaksi baik itu menabung maupun mencairkan dana. Disarankan untuk Credit Union  Keling Kumang TP Kantor Pusat Tapang Sambas Sekadau khususnya bagi Staf dalam memberikan pelayanan kepada anggota harus lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan anggota dengan lebih ramah dan sopan, karena dapat menimbulkan kepercayaan dan keyakinan bagi anggota dalam mengambil keputusan.

Downloads

Published

2017-01-04

Issue

Section

Articles