KEBIJAKAN SALURAN DISTRIBUSI PADA CV SINAR PUTRA MAHKOTA DI PONTIANAK

Authors

  • Robert Sutedja

Abstract

Pada situasi perekonomian dewasa ini, setiap perusahaan yang didirikan baik perusahaan dagang, perusahaan industri, maupun perusahaan jasa akan mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh laba yang maksimal dan dapat mengembangkan bisnis perusahaan. CV Sinar Putra Mahkota di Pontianak merupakan perusahaan dalam bidang usaha yang ingin diketahui mengenai saluran distribusi yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara dengan pimpinan perusahaan dan dengan kuesioner yang disebarkan kepada tiga puluh perusahaan lainnya. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh pengecer CV Sinar Putra Mahkota di Pontianak yang berjumlah 985, terdiri atas super market, mini market, dan toko. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sebanyak tiga puluh perusahaan dengan kriteria badan usaha yang berada di Pontianak dan dalam satu bulan minimal rata-rata jumlah total harga yang diambil adalah sebesar Rp 20.000.000,00 atau telah berlangganan selama tiga tahun. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi yang diterapkan oleh CV Sinar Putra Mahkota di Pontianak yaitu saluran distribusi yang diterapkan oleh CV Sinar Putra Mahkota di Pontianak yaitu saluran distribusi tidak langsung sudah cukup mampu memenuhi harapan para pengecernya. Saran penulis adalah perusahaan hendaknya lebih memperhatikan masalah kerusakan produk dari layanan jasa pengiriman, dan keandalan karyawan dalam menghantarkan jasa kepada pelanggan, karena hal-hal ini merupakan unsur utama yang diinginkan oleh pelanggan dan dapat membawa citra yang baik bagi perusahaan.

Downloads

Published

2017-01-04

Issue

Section

Articles