Analisis Pengaruh Pelatihan dan Insentif terhadap Kinerja Karyawan pada Puskopdit BKCU Kalimantan di Pontianak

Authors

  • Hilarinus Kurnia Sandi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah pelatihan dan insentif. Pelatihan merupakan proses melatih karyawan baru atau karyawan yang akan memperoleh penempatan baru sesuai dengan keterampilan dasar yang diperlukannya untuk melaksanakan pekerjaan. Serta insentif merupakan elemen penghasilan atau balas jasa yang diberikan secara tidak tetap atau bersifat variable tergantung pada kondisi pencapaian prestasi kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan insentif terhadap kinerja karyawan pada Puskopdit BKCU Kalimantan di Pontianak. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah 30 orang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiasif dengan teknik analisis data yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Kuesioner disebarkan dengan menggunakan metode sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikoliniearitas, heterokedastisitas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis (uji F, R square, uji t). Dari hasil analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan insentif berpengaruh positif dan signifikan terkadap kineja karyawan pada Puskopdit BKCU Kalimantan di Pontianak.

References

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianti, Eli. 2015. ”Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Grand Fatma Hotel di Tenggarong Kutai Kartanegara”. eJournal Administrasi Bisnis, Vol 3, No.4.

Yusnita Nancy, dan Fadhil Feriza. 2015. “Pengaruh Pelatihan Karyawan terhadap Kinerja Karyawan pada CV Cibalung Happy Land Bogor”. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi, Vol 1, No.1.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles