Analisis Pengaruh Quality of Work Life terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada PT Harum Manis Permai Swalayan di Pontianak

Authors

  • Venesia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara quality of work life terhadap kepuasan kerja, pengaruh antara quality of work life terhadap kinerja karyawan, pengaruh antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dan pengaruh antara quality of work life terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak tiga puluh tujuh karyawan pada PT Harum Manis Permai Swalayan di Pontianak. Teknik pengumpulan data adalah sampling jenuh (sensus), sampel yang digunakan sebanyak tiga puluh tujuh responden dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa quality of work life tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, quality of work life tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 66,10 persen, kemudian quality of work life tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Berdasarkan uji efek mediasi maka dinyatakan model penelitian tidak memiliki efek mediasi.

References

Arifin, Noor. “Analisis Kualitas Kehidupan Kerja, Kinerja, dan Kepuasan Kerja pada CV Duta Senenan Jepara”. Jurnal Economia, vol. 8, no. 1, April 2012, hal. 11-21.

Cascio, Wayne F. Managing Human Resources: Productivity, Quality of Work Life, Profits. 7th edition. USA: McGraw Hill, 2006.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Siagian, Sondang P. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Cetakan pertama. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Wirawan. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan, dan Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2015.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles