Pengaruh Orientasi Pelanggan, Daya Tarik Promosi, dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak

Authors

  • Claudia Biaca Ella Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi pelanggan, daya Tarik promosi dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM cafe dan resto di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 pelaku usaha cafe dan resto di kota Pontianak berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistic dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel orientasi pelanggan, daya tarik promosi dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh orientasi pelanggan, daya tarik promosi dan inovasi produk oleh UMKM café dan resto di kota Pontianak dapat memberikan kontribusi dalam kinerja pemasaran mereka. Adapun saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah para pemilik UMKM cafe dan resto di kota Pontianak dapat memperluas cakupan pelanggan dengan membuat kegiatan promosi yang unik serta menciptakan menu makanan dan minuman agar mencapai hasil yang maksimal.

References

Azizah, Umi, dan Ida Maftukhah. "Pengaruh Kemitraan Dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja." Management Analysis Journal, 2017: Management Analysis Journal 6 (2).

Chang, William. Metodologi Penulisan Ilmiah. Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2014.

Dhewanto, Wawan, Rhian Indradewa, Wardah Naili Ulfah, Santi Rahwati, Ghita Yoshanti, dan Christian Zendry. Manajemen Inovasi Untuk Usaha Kecil dan Mikro. Bandung: Alafabeta, 2015.

Ghozali, Imam. Ekonometrika: Teori, konsep dan aplikasi dengan IBM SPSS 22. Semarang: Undip, 2014.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles