Analisis Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Hotel Merpati di Pontianak

Authors

  • Lusia Yuyun Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Karyawan yang termotivasi akan merasa puas, dan dari kepuasan tersebut akan meningkatkan kinerja karawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan pengruh motivasi terhadap kinerja yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di Hotel Merpati di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner, studi dokumenter sebagai alat pengumpulan data. Populasi pada penelitian ini sebanyak 90 orang karyawan Hotel Merpati dan peneliti menggunakan 65 karyawan sebagai responden. Metode analisis data menggunakan warpPLS 6.0 sebagai alat uji. Adapun uji yang di lakukan adalah: uji model pengukuran (outer model), uji model struktural (inner model), uji hipotesis, dan analisis statistik deskiptif. Hasil penelitian menunjukan menunjukan variabel motivasi bepengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, motivasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja dan motivasi tidak berpengauh signifikan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi.

References

Edison, Emron, dkk. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Solimun, Adji Achmad Rinaldo Fernandes, dan Nurjannah. 2017. Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.

Srimulyani dan Murti. 2013. “Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja Pada PDAM Kota Madiun”.Jurnal riset manajemen dan akuntansi, Vol 1, No.1.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Yohana, Hanafi. 2017. “Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada PT BNI Lifeinsurance”jurnal pendidikan ekonomi dan bisnis, Vol 5, No. 1, hal 72-89.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles