Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Citra terhadap Keputusan menjadi Anggota pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak

Penulis

  • Noventus Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kinerja layanan, kepercayaan dan citra terhadap keputusan menjadi anggota pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan teknik analisis data yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuesioner dan studi dokumenter. Kuesioner disebarkan dengan menggunakan metode simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kinerja layanan, kepercayaan dan citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pada Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu pada riset selanjutnya dapat melakukan analisis dengan variabel lain yang memberikan kontribusi lebih terhadap keputusan menjadi anggota, kemudian bagi credit union diharapkan dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada anggota dan terus berorientasi pada kepuasan anggota dalam hal pelayanan.

Referensi

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8, Cetakan VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Mowen, C. Jhon dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 1. Edisi 5. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nova, Firsan. Crisis Public Relations. 2011. Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, Freddy. 2017. Customer Care Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Diterbitkan

2021-03-31

Terbitan

Bagian

Articles