Pengaruh Total Assets Turnover, Debt to Equity Ratio dan Return on Assets terhadap Price to Book Value pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Hansen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari total assets turnover, debt to equity ratio dan return on assets terhadap price to book value. Bentuk penelitian ini yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan metode penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 48 Perusahaan Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 41 perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan permodelan regresi linear berganda yang menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total assets turnover dan debt to equity ratio berpengaruh positif terhadap price to book value sedangkan return on assets tidak berpengaruh terhadap price to book value.

References

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kontesa, M., Lako, A. dan Wendy. (2020). Board Capital and Earnings Quality with Different Controlling Shareholders. Accounting Research Journal, 33(4/5), 593-613.

Marli. 2018. “Analisis Pengaruh Rasio Aktivitas, Leverage Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode 2015-2017).” Akuntansi Bisnis dan Manajemen, vol.25, no.2, hal.134-148.

Nurhayati, Mafizatun. 2013. “Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa.” Jurnal Keuangan dan Bisnis, vol.5, no.2, hal.144-153.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles