Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Daya Tarik Produk dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak

Authors

  • Susilawati Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Keinginan memenuhi kebutuhan seperti kegiatan berbelanja untuk memutuskan melakukan pembelian atau tidaknya suatu produk, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh penciptaan store atmosphere yang menarik mampu membuat konsumen merasa nyaman ketika sedang belanja, membuat produk yang ditawarkan terlihat menarik, serta harga terjangkau, harga bersaing. Penelitian dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya seberapa besar pengaruh dan tingkat signifikansi dari store atmosphere, daya tarik produk dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian. Populasi adalah seluruh konsumen yang tinggal didaerah Kaisar Siantan yang melakukan pembelian produk pada Kaisar Siantan di Pontianak. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden untuk mengisi kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel menggunakan teknik accidental sampling.Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil penelitian dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel store atmosphere, daya Tarik produk dan harga kompetitif dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Sallam, Methaq Ahmed Abdulmajid. “The Impact of Source Creedibility on Saudi Consumer’s Attitude toward Print Adverstisement: The Moderating Role of Brand Familiarity,” Canadian Center of Science and Education,vol. 5, no.4 April 2012.

Sutisna dan Pawitra. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

Utami. Cristina Whidya. Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Edisi 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta,2014.

Weenas, Jackson RS. "Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2013,1.4.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles