Analisis Pengaruh Komitmen Organisasional dan Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan pada PD. Asia Agung di Pontianak

Authors

  • Nadya Puji Lestari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional dan knowledge sharing terhadap kinerja karyawan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah dengan kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PD Asia Agung Pontianak yang berjumlah 64 orang karyawan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan karakteristik karyawan yang memiliki masa kerja minimal satu tahun, dengan jumlah sampel sebanyak 61 orang karyawan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil dari analisis regresi linier berganda dapat dirumuskan dalam persamaan Y = a + 0,370 X1 + 0,304 X2. Hasil penelitian pada uji F menyatakan bahwa variabel komitmen organisasional dan knowledge sharing secara simultan berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan. Berdasarkan hasil uji t menyatakan bahwa variabel komitmen organisasional dan knowledge sharing berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan.

References

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Priansa, Donni Juni. 2016.Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Raharso, Sri, dan Sri Surjani Tjahjawati. 2016.Organisasi Berbasis Pengetahuan Melalui Knowledge Sharing. Bandung: Alfabeta.

Robbins, Stephen P. 2006.Organizational Behavior, tenth edition. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Tung, Khoe Yao.2018. Memahami Knowledge Management. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2021-02-28

Issue

Section

Articles