Analisis Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Underpricing Saham pada Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Vivian Floretta Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh reputasi underwriter, ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan profitabilitas terhadap underpricing saham. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini yaitu 125 perusahaan yang melakukan IPO dari tahun 2015 hingga 2018 dan sampel 108 perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa reputasi underwriter dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap underpricing saham, sedangkan umur perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap underpricing saham.

References

Radjab, Enny, dan Andi Jam’an. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah.

Santoso, Edwin. 2016. Constant Profit from IPO Stocks. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Satrio, A.B. (2020). Asymmetric Information and Firm Value During PandemicCOVID-19. Economics Business and Organization Research, 3(1), 27-43.

Yasa, Gerianta Wirawan. 2008. “Penyebab Underpricing pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Jakarta.” Jurnal Akuntansi Bisnis, vol.3, no.2, Juli, hal.8,12.

Yolana, Chastina, dan Dwi Martani. 2005. “Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Fenomena Underpricing pada Penawaran Saham Perdana di BEJ Tahun 1994-2001.” Simposium Nasional Akuntansi VIII, 15-16 September, hal.543-549.

Downloads

Published

2021-02-28

Issue

Section

Articles