Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set, Free Cash Flow, Firm Size dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Ria Angelina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set, free cash flow, firm size dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 48 perusahaan dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 perusahaan dengan teknik penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang diolah menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel free cash flow, firm size dan struktur modal memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel investment opportunity set memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.

References

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Brigham, Eugene F., dan Joel F. Houston. 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan (judul asli: Essentials of Financial Management), edisi 11, buku 1. Penerjemah Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, Ida Ayu Made Chandra, Maria Mediatrix Ratna Sari, I.G.A.N Budiasih, Herkulanus Bambang Suprasto. 2019. “Free Cash Flow Effect towards Firm Value.” International Research Journal of Management, IT & Sosial Science, Vol. 6, no. 3, pp. 108-116.

Djaja, Irwan. 2018. All About Corporate Valuation, edisi revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Harmono. 2018. Manajemen Keuangan, edisi 1, cetakan ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-02-28

Issue

Section

Articles