Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Makanan dan Kinerja Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Mr Achiang di Pontianak

Penulis

  • Vera Angelina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, kualitas makanan dan kinerja pelayanan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Mr Achiang di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 115 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian makanan dan minuman di rumah makan Mr Achiang. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel brand image, kualitas makanan, dan kinerja pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa brand image, kualitas makanan, dan kinerja pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Referensi

Dharmayanti, Diah. “Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran, vol 1, no. 1, 2006.

Hanaysha, Jalal. 2015. “Testing the effects of Food Quality, Price Fairness, and Physical Environment on Customer satisfaction in fast food restaurant industry”. Journal of Asian Business Strategy, vol 6, no. 2.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kartajaya, Hermawan. Service Operation. Penerbit Erlangga, 2009.

Keller, Kevin L. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Fourth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc 2013.

Diterbitkan

2021-02-28

Terbitan

Bagian

Articles