Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Karyawan pada Kantor Pusat Credit Union Semandang Jaya di Balai Semandang Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang

Authors

  • Anjas Asmara Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan proses untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi, serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia dalam mencapai tujuan. Kesuksesan manajemen sumber daya manusia memegang peranan kunci.Sumber daya manusia sangat vital bagi terwujudnya tenaga kerja yang produktif, efektif, dan efisien.Sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat optimal dari pemanfaatan sumber daya oleh organisasi dalam mencapai tujuannya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Karyawan CU Semandang Jaya di balai Semandang, dengan jumlah sampel 36 responden dengan menggunakan teknik sampling insidental. Data diolah menggunakan program statistical pacekage for social science (SPSS) versi 20. Hasil analisis dan pengujian hipotesis hipotesis H1 diterima, artinya variabel pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap variabel Kopetensi.

References

Edy, Sutrisno 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Kencana.

Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: CAPS.

Moeheriono. 2012. Pengukuran kinerja Berbasis Kompetensi. -Ed.Revisi-Cet.1-Jakarta: Rajawali Pers.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Wibowo. Manajemen kinerja, edisi ketiga. Jakarta: Rajawali pers, 2012.

Downloads

Published

2021-02-28

Issue

Section

Articles