Analisis Pengaruh Keterampilan Tenaga Penjual, Harga Kompetitif, dan Daya Tarik Produk terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Kendaraan pada PT. Asuransi Central Asia Cabang Pontianak

Authors

  • Antonius Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keterampilan tenaga penjual, harga kompetitif, dan daya tarik produk terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada PT. ACA Cabang Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kasual asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Populasi untuk penelitian ini adalah nasabah PT. ACA Cabang Pontianak yang melakukan pembelian asuransi kendaraan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik penarikan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan responden serratus nasabah. Alat analisis kualitatif menggunakan skala Rating. Untuk alat analisis kuantitatif program SPSS 22.00 untuk menguji uji validitas, realibitas, analisis koefosien regresi, koefisien determinasi, analisis linear berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai pengaruh variabel keterampilan tenaga penjual, harga kompetitif, dan daya tarik produk mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada PT. ACA Cabang Pontianak. Adapun saran-saran yang dapat perusahaan lakukan adalah memberikan kesan positif bagi nasabah, inovatif dalam promosi dan memberikan kualitas yang terbaik bagi nasabahnya.

References

Baldauf et al. 2001. "Examining Business Strategy, Sales Management, and Salesperson Antecendents of Sales Organization Effectiveness", Journal of Personal Selling & Management, Vol. XXI, Number 2 (Spring), p. 109222.

Baldauf, Artur, Cravens, David W, 2002. “The effect of Moderators on the Salesperson Behavior Performance and Salesperson outcome performance and sales organization effectiveness relationship”. European Journal of Marketing, Vol.36 No.11/12p.1367-1388.

Dodds, B. William; Monroe, B. Kent, and Grewal, Dhruv. 1991. “Effects of Price, Brand and Store Information on Buyers’ Product Evaluations”, Journal of Marketing Research, Vol. XXVIII, 307- 19.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Nugroho. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2021-02-28

Issue

Section

Articles