Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Brand Image terhadap Keputusan Konsumen Menginap pada Hotel Mercure di Pontianak

Authors

  • Stefanie Avery Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan dan brand image terhadap keputusan konsumen menginap Pada Hotel Mercure di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi literatur, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jumlah 105 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji koefisien korelasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) dan pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa kinerja layanan dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menginap.

References

Hartini, Sri. 2017. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas. Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Sakura Palangka Raya." Al-Ulum Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol.3,No.1, hal.404-418

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kerin, Roger A, Steven W. Hartley dan William Rudelius. 2009. Marketing: The Core3rd Edition. New York: McGraw-Hill.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran :13 Ed. New Jersey: Prentice Hall.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2021-02-28

Issue

Section

Articles