Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Produk Test Strip HBSAG Merek Answer pada PT Gloper Prima Mandiri di Pontianak

Penulis

  • Calista Restianty Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang produk test strip HBSAG merek Answer di Pontianak. Populasi yang diambil adalah pelanggan PT Gloper Prima Mandiri di Pontianak dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan teknik accidental sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada para pelanggan dan berdomisili di Pontianak. Teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis kuantitatif dengan bantuan programSPSS versi 22 untuk mengolah data. Tahapan analisis data kuantitatif mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, analisis koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.

Referensi

Abdullah, Thamrin, dan Tantri Francis. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Alma, Prof. DR. H. Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Juharni, DR. M.Si. 2017. Manajemen Mutu Terpadu. Makassar: CV Sah Media.

Diterbitkan

2021-02-28

Terbitan

Bagian

Articles