Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Citra Merek terhadap Minat Beli Sepeda Motor Vario 125 pada PT Astra Motor Pontianak

Penulis

  • Stevany Florencia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga kompetitif, dan citra merek terhadap minat beli sepeda motor vario 125 pada PT Astra motor di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumenter, dan kuesioner. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang datang ke Astra Motor dan memiliki minat beli pada sepeda motor Honda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala rating. Sampel yang digunakan adalah sebanyak seratus pelanggan, dengan metode insidental sampling, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan melihat jawaban dari responden melalui kuesioner yang disebarkan kemudian dikelompokkan menurut kriteria yang telah ditentukan dan jawaban dijumlahkan, dipersentasekan, dianalisis dan diolah menggunakan program SPSS 22, kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli, harga kompetitif tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, sedangkan citra merek tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli.

Referensi

Gumelar. et al. 2015. Jurnal. Desain. Komunikasi. Tangerang: Essence Surya.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Joseph P . Cannon, William D. Perreault, Jr., E. Jerome McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar. Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Levy and Weitz. 2012. Retailing Management, Eight Edition. United States: Mc GrawHill.

Murwatiningsih dan Eri Puri Apriliani. 2013. “Dinamika Manajemen.” Jurnal JDM, vol.4.

Diterbitkan

2021-02-28

Terbitan

Bagian

Articles