Analisis Pengaruh Brand Image, Promosi, dan Nilai Pelanggan terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Merpati Pontianak

Penulis

  • Jessica Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, promosi dan nilai pelanggan terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Hotel Merpati Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter berupa data primer dengan melakukan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner atau angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen hotel Merpati di Pontianak. Sampel ditentukan dengan metode accidental probability sampling sehingga diperoleh 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala likert dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22, yaitu melakukan uji Validitas, uji Reliabilitas, uji Asumsi Klasik, uji Koefisien Determinasi (R2), uji Korelasi, uji Regresi (R2), uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa brand image, promosi, dan nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Referensi

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kamal, Ibnu Aldin. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Kredibilitas Endorser, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Futsal Specs” Jurnal Manajemen Pemasaran, No. 127.

Diterbitkan

2021-02-28

Terbitan

Bagian

Articles