Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Inovasi Produk terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran pada UMKM Kue Kering dan Basah di Kota Pontianak

Penulis

  • Aristo Mulyanto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan dan inovasi produk dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Objek pada penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah kue kering dan basah di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode hubungan kausal. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 376 para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah kue kering dan basah di Kota Pontianak dengan jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 100 responden. Data yang telah dikumpulkan oleh penulis akan diolah dan diambil kesimpulannya menggunakan bantuan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil yang telah diolah menggunakan SPSS versi 22.0, dapat di tarik kesimpulan bahwa orientasi pelanggan dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM kue kering dan basah di Kota Pontianak.

Referensi

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Dewi, Septiana Novita, dan Taupiq Nuzuli. 2017. ’’Peran Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran’’ . Jurnal Bidang Ilmu Ekonomi, vol.12, no.2, hal. 140-152.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Priyatna, Novi Muda. 2015. ’’Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Orientasi Pasar dan Keputusan Konsumen Terhadap Kinerja Pemasaran PT. Wisang Utama Mandiri Surabaya.’’ Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, vol.2, no.1, April, hal. 17-30.

Sorensen, David P. 2001. Inovasi :Kunci Menuju Sukses Bisnis(judul asli: Innovations, Key to Business Success). Jakarta: PT Prenhallindo.

Diterbitkan

2021-02-28

Terbitan

Bagian

Articles