Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Kapuas Dharma di Pontianak

Authors

  • Novi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kinerja pelayanan dan harga kompetitif terhadap keputusan menginap pada Hotel Kapuas Dharma di Pontianak. Penulis menggunakan bentuk penelitian hubungan kausal dan diolah dengan analisa kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengisian kuesioner oleh pada responden dengan menggunakan alat analisis Skala rating. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 130 responden yang diperoleh melalui metode accidental sampling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja pelayanan dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap. Saran yang dapat penulis sarankan untuk perusahaan yaitu Hotel Kapuas Dharma harus lebih cepat dalam memberikan pelayanan sehingga konsumen dapat lebih puas, dan karyawan Hotel Kapuas Dharma harus semakin memahami apa yang dibutuhkan konsumen.Hotel Kapuas Dharma harus terus menyesuaikan harga yang ditawarkan dengan kualitas jasa yang ditawarkan.

References

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.

Cornin, J.J dan Taylor, S.A. 1992. "Measuring Service Quality: A Reexaminataion and Extension". Journal of Marketing , June (56):55-6.

Ferdinand, A.T. 2000. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Menajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran, Jilid I. Jakarta.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles