Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying pada Supermarket Carrefour di Pontianak

Authors

  • Vanessa Gunawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh promosi penjualan, kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap impulse buying pada Supermarket Carrefour di Pontianak. Penelitian ini berbentuk penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner atau angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung pada Supermarket Carrefour di Pontianak. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 120 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan model regresi linear berganda. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji koefisien korelasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan bahwa promosi penjualan, kualitas pelayanan dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying.

References

Hasibuan, Malayu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi revisi kedelapanbelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran jilid II, Edisi ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Denny dan Yohanes Sondang Kunto “Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening Di Matahari Departement Store Cabang Supermall Surabaya”. Vol.1, No. 2, 2013, Hal. 1-8.

Tjiptono, Fandy. Service Management.: Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset. Yogyakarta. 2012

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles