Analisis Pengaruh Citra Merek, Daya Tarik Promosi, dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Pelumas Shell pada PT Asia Inti Prima di Kota Pontianak

Authors

  • Jonatan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, daya tarik promosi, dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian pelumas Shell pada PT Asia Inti Prima di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif-kuantitatif, dengan menggunakan skala likert dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek, daya tarik promosi, dan harga kompetitif berpengaruh terhadap keputusan pembelian pelumas Shell pada PT Asia Inti Prima di Kota Pontianak. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis kepada PT Asia Inti Prima di Kota Pontianak adalah harus selalu memanfaatkan nama besar pelumas Shell, mempertahankan harga kompetitif yang sudah diterapkan dan mempertahankan serta mengembangkan strategi promosi yang menarik sehingga dapat bersaing dengan kompetitor lain. Hal tersebut dilakukan agar dapat mempertahankan pelanggan dan menimbulkan keputusan pembelian.

References

Blocher, Edward J. Cost Management. Penerbit Salemba Empat, 2009.

Broto, Virginia., dan Wenas, Rudy S. “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Agya Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Bitung.” Jurnal EMBA Vol.4 No.2 Juni 2016

Dewa, Ndaru Kusuma. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi, dan Harga Beli Terhadap Minat Beli (Studi kasus StarOne di Area Jakarta Pusat).” Tesis Universitas Diponegoro, 2009.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Keller, Kevin Lane. Strategic Brand Management, Fourth Edition. Pearson Education Limited, 2013.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles