Analisis Pengaruh Keragaman Menu dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Pondok Ale – Ale di Pontianak

Authors

  • Hendri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh keragaman menu dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian pada Restoran Pondok Ale-Ale di Pontianak.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan studi documenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah mengunjungi Restoran Pondok Ale-Ale. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dimana teknik penentuan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan adalah masing-masing variabel keragaman menu berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan variabel daya tarik promosi berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah pihak Restoran Pondok Ale-Ale sebaiknya lebih melengkapi dan mempertahankan variasi menu agar konsumen memiliki banyak pilihan dalam pembelian dan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi seperti iklan, diskon dan lainnya agar konsumen lebih tertarik untuk membeli.

References

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Rumengan, A.N, Tawas, H.N, dan Wenas, R.S. 2015. “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado”. Jurnal EMBA, Vol. 3, No.2.

Sanny Hanjaya. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Pengetahuan Produk dan Keragaman Menu Terhadap Keputusan Pembelian Produk Capra Latte di Surabaya.

Sri, Wahyuni dan Jonianto, Pardamean. 2016. “Pengaruh Iklan, Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati di Institute Perbanas”. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, Vol.3, No. 1.

Stephanus Felix Aristo. 2016. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles