Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap pada Harris Hotel di Pontianak

Penulis

  • Martian Goldwin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap pada Harris Hotel di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas untuk melihat hubungan sebab akibat dari variabel yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Sampel ditentukan dengan metode Accidental Probability Sampling sehingga diperoleh 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yang diolah menggunakan skala rating dengan alat pengolahan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan variabel lokasi, harga dan kualitas pelayanan yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menginap.

Referensi

Budi, Agung Permana. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan, Yogyakarta: Andi.

Faradiba dan Sri Rahayu Tri Astuti. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen”. Jurnal Manajemen Diponegoro, Volume 2, Nomor 3.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Kodu, Sarini. 2013. "Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza”. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 3, September.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi 13, jilid 1. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Diterbitkan

2021-01-31

Terbitan

Bagian

Articles