Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk, Harga Kompetitif, dan Kinerja Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Avanza pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak

Penulis

  • Yessy Novita Sari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk, harga kompetitif dan kinerja pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil merek Avanza pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak. Pada Penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas, dimana yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak. Dalam penentuan jumlah sampel, penulis menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 80 responden. Penulis menggunakan analisis kualitatif dengan menganalisis jawaban responden melalui kuesioner yang ditabulasikan, dinyatakan dalam persentase dan dianalisis untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel independen dan dependen dengan menggunakan program SPSS versi 22 yaitu melakukan uji Validitas, uji Reliabilitas, uji Asumsi Klasik, uji Koefisien Determinasi (R2), uji Korelasi Berganda, uji Regresi Linear Berganda, uji F dan uji t. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dikatakan bahwa variabel daya tarik produk, harga kompetitif dan kinerja pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Referensi

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Methaq Ahmed Abdulmajid dan Sallam. 2012. “The Impact of Source Credibility on Saudi Consumer’s Attitude Toward Print Advertisement: The Moderating Role of Brand Familiarity”. Canadian Center of Science and Education.

Purwati, Heri Setiawan dan Rohmawati. 2016. “Analisis Pengaruh Harga Kompetitif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat”. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), vol. 2, no. 3.

Putri, Adriana Lantika dan Ferdinand, Augusty Tae. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Toko dan Harga Kopetitif Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko H.A Laury”. Semarang:Universitas Diponegoro, vol. 5.

Wicaksono, Sony. 2016. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki di Kota Semarang”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Diterbitkan

2021-01-31

Terbitan

Bagian

Articles