Analisis Pengaruh Kepercayaan Anggota dan Citra Credit Union terhadap Keputusan Menjadi Anggota pada CU Tri Tapang Kasih di Sejiram Kabupaten Kapuas Hulu

Authors

  • Fransiska Lenny Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Salah satu CU yang ada di Kalimantan Barat adalah CU Tri Tapang Kasih. CU Tri Tapang Kasih adalah suatu kumpulan orang – orang yang mempunyai tujuan sama, diikat dalam suatu organisasi yang berasaskan kekeluargaan dengan maksud mensejahterakan anggota. CU Tri Tapang Kasih menawarkan berbagai jenis produk simpanan, pinjaman dan juga layanan. Dengan semakin tingginya tingkat persaingan dibidang lembaga keuangan menuntut CU Tri Tapang Kasih untuk semakin membangun kepercayaan anggota dan juga meningkatkan citra perusahaan. Penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, populasi seluruh anggota CU Tri Tapang Kasih di Sejiram Kabupaten Kapuas Hulu, sampel sebanyak 100 orang. Analisis setiap jawaban diberikan bobot dengan SkalaLikert dan perhitungan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis dan pengujian hipotesis H1 ditolak dan H2 diterima.Penulis menyarankan agar CU Tri Tapang Kasih Sejiram tetap mempertahankan dan menjagakepercayaan serta tetap meningkatkan citra Credit Union agar keputusan menjadi anggota semakin kuat.

References

Muzammil, Abdul et al. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome PT. Telkom Indonesia di Banda Aceh dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi’’. Jurnal Manajemen dan Inovasi. Vol. 8, No. 3, Oktober. 104-133.

Swastha, Basu et al. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset. Edisi Kedua.

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama dengan Jakarta Research Center (JBRC).

Widiyanti, Ninik Sunindhia. 2008. Koperasi dan Perekonomian Indonesia, edisi kelima. Jakarta: Rineka Cipta.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles