Analisis Pengaruh Citra Toko dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak

Penulis

  • Victor Adrianus Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari citra toko dan store atmosphere atau suasana toko terhadap minat beli ulang konsumen pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Sedangkan penelitian yang dilakukan dalam metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja sebanyak seratus konsumen yang menggunakan metode purposive sampling, yang berdomisili di Pontianak. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, yaitu analisis kualitatif menggunakan Skala Likert, dan analisis kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa citra toko, store atmosphere, dan minat beli ulang yang telah diterapkan sudah baik karena sebagian besar responden telah menyatakan setuju. Dari hasil uji F, dapat dinyatakan bahwa pada penelitian ini, hipotesis yang diambil oleh peneliti adalah dengan menolak H0 dan menerima Ha. Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa citra toko dan store atmosphere mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang.

Referensi

Asosiasi pengusaha ritel indonesia, 2019 “menjadi solusi kebangkitan bisnis ritel di indonesia” https://www.aprindo.id/teknologi-menjadi-solusi-kebangkitan-bisnisritel-di-indonesia/

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. 2009. Retailling Management (4th ed.). Richard D. Irwin Inc.

Mowen John C. Michael S. Minor. 2010. Perilaku Konsumen (judul asli: Consumer Behavior), edisi kelima, jilid 1. Penerjemah Lina Salim. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Simamora, Bilson. 2014. Membongkar Kotak Hitam Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Articles