Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk dan Atribut Layanan Produk terhadap Keputusan Tetap Menjadi Anggota pada CU Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak

Penulis

  • Gloria Gasela Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk dan atribut layanan produk terhadap keputusan tetap menjadi anggota. Populasi dalam penelitian semua anggota CU Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 110 responden berdasarkan metode accidental sampling. Teknik analisis data berupa analisis skala rating dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan penelitian adalah reliabel. Hasil pengujian secara simultan (Uji F). Dan hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel daya Tarik produk dan atribut layanan produk berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan tetap menjadi anggota. Adapun saran yang dapat penulis berikan yaitu perusahaan harus lebih meningkatkan daya tarik produk dan atribut layanan produk agar anggota semakin tertarik untuk menggunakan produk dan memutuskan untuk tetap menjadi anggota.

Referensi

Amrillah, Q dan Brawijaya, A. 2016. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap KeputusanPembelian Kosmetik” dalam Jurnal Syarika 2. Vol. 2, No. 2, Desember.

Assauri, Sofjan. 2016. Strategic Management, edisi kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tawas, Sindi. 2013. “Atribut Produk, Harga, Dan Strategi Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil Toyota Vios Di PT. Hasjrat Abadi Manado” dalam Jurnal EMBA, vol. 1, No. 4, Desember.

Yulaika, Ruslina. 2013. “Pengaruh Atribut Produk, Iklan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan pembelian shopping goods melalui media online” dalam Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, vol. 11, No. 1.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Articles