Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Lokasi dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa pada Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak

Authors

  • Dessy Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Persaingan dalam industri jasa rumah sakit meliputi persaingan untuk pelayanan pasien, perawatan pasien rawat inap, jasa dokter dan jasa apotek, sehingga dinamika persaingan yang terjadi bersifat kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh Kepercayaan Konsumen, Lokasi dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa. Populasi yang diambil dalam penelitian adalah responden yang pernah menggunakan jasa rumah sakit dan sampel yang diambil sebanyak seratus Sembilan puluh responden dengan teknik pengambilan data yang digunakan adalah accidental sampling. Sebagai acuan penulis menggunakan skala rating, sedangkan untuk alat analisis kuantitatif, penulis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji f dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan semua variabel valid dan reliabel serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungansecara signifikan positif terhadap variabel terikat. Dapat disimpulkan bahwa variabel Kepercayaan Konsumen, Lokasi dan Kualitas Informasi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa rumah sakit.

References

Nawarini, Alisa Tri dan Kumorohadi, Untung. 2013. “Peningkatan Kepercayaan Masyarakat Pada Rumah Sakit Milik Pemerintah Melalui Perbaikan Sistem Penyampaian Jasa”. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Nurrahmanto, Prasetyo Agus. 2015. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen di Situs Jual Beli Online Bukalapak.com”. Jurnal Manajemen. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponergoro.

Sulistiono, Ari Budi. 2010. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap”. Studi Pada Tamu Hotel Srondol Indah Semarang. Jurnal Manajemen. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ulfah, Maria, Rachmi, Asih Tri dan Yuniarinto, Agung. 2013. “Pengaruh Lokasi (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember”. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 11 Nomor 3.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles