Analisis Pengaruh Harga Kompetitif dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Percetakan PT Trijaya Mandiri di Pontianak

Penulis

  • Merinda Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada percetakan PT Trijaya Mandiri di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan observasi dengan Populasi dalam penelitian ini adalah semua responden yang pernah membeli produk percetakan pada perusahaan dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 112 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel harga kompetitif dan kualitas produk menunjukan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis kepada pihak perusahaan adalah terus mempertahankan kebijakan harga dan nonharga yang ditetapkan sehingga dapat bersaing dengan perusahaan dan memperhatikan kualitas produk cetakannya dari segi tekstur warna serta isi berita yang akan dicetak dengan hal ini maka dapat meningkatkan omset penjualan.

Referensi

Ahmad, Subagyo. 2010. Marketing In Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Ian Antonius Ong dan Drs Sugiono Sugiharto. 2013. Analisis Strategi Diferensisasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya. Journal Management Pemasaran, vol 1, no 2, Hal 11.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2009 Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 2 Jakarta: Erlangga.

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Articles